Rabu, 21 Maret 2012

Efak Balok dan Batang Di Xara Extreme

Heey....
Kamu,,,
Iyaaa kamu yang sedang baca postingan ini, Tepat senyumu adalah ibadahmu yang akan jadi rizkymu kelak, Luph U JeleeeQ

Oke, seperti biasa, malam ini perasaan sedang terkena badai dari serambi mekah, semua berawal dari rasa ga betah akibat telfon sering putus karena operator yang sedikit tidak mau berkombinasi dengan rasa kangen aku dan dirinya, Walhasil semua jadi BT dan tidak ada komunikasi lain selain pencet-pencet pipet HP Nokia 1112 ku.

Tema kali ini sebenernya galau ria, tapi berhubung ada permintaan yang inbox ke Email Admin tentang bagaimana ya caranya membuat efek bulat seperti batang pada Xara Extreme, "Dag dig dug dag dig dug" [[ Efek bingungpun menyebar ke pori-pori]], tapi tidaj usah khawatir, semua kan terobati dengan ilmu kali ini.

Efek Bulat batag adalah kombinasi dari Bevel tool yang dicampur dengan sedikit gradasi warna dan contras dari fill tool, seperti ini contoh hasilnya.

Bila dilihat seksama, tulisan itu terlihat bulat dan melingkar seperti batang, layaknya ada ukiran yang mengikis sisi dari semua sampingnya, bahasa gaulnya bulat oreo (Avikaaaa kali oreo), dan bagaimana cara menciptakan itu? mari keTKP

1. Silahkan buka program Xara sobat, disini Admin menggunakan Xara Designer Pro 6, dan saat ini sudah terdapat versi 7 yang khusus didesain untuk pembuatan Layout pada Website.





2. Silahkan buat tulisan dengan cara klik text tool seoerti pada gambar,



3. Disini admin membuat dengan tulisan jeleq, dan tulisan standarnya adalah masih seperti ini




4. Setelah tulisan itu dibuat, berilah efek warna pada tulisan itu, disini admin memberikan warna merah, karena agar lebih tajam untuk contras tutorial
5. Selanjutnya Klik Bevel tool untuk membuat efek bulat, lihat pada gambar


6. Klik seperti pada gambar, terlebih dahulu aktifkan tulusan dengan cara klik pada tulisan, kemudian klik icon bevel tool seperti pada gambar, perhatikan baik-baik, disetiap sisi pada tulusan itu terdapat anak panah bolak balik warna merah, disitulah kita akan mengatur ketajaman bulatan, lihat gambar dibawah ini




Lihat gambar diatas, untuk membuat efek bulat, klik kiri pada panah yang ada dipojok, tahan klik dan geser kearah dalam (geser kedalam dan tengah), sehingga terdapat garis yang menggambarkan posisi ukuran tarikan, lakukan geseran secara penuh kedalam, dan hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini



7. Gambar diatas masih terdapat efek list atau sisi ditengah, dengan masih mengaktifkan bevel tool, pilih pilihan Rounded 2 pada kolom bagian atas, seperti pada gambar dibawah ini.



8. Lihat gambar pada No.7, untuk mendapatkan efek batang silahkan pilih menu Rounded 2, maka hasilnya akan tampak seperti berikut :


9. Langkah selanjutnya adlah memberikan efek warna bayangan agar terlihat jelas efek batang yang telah kita buat tadi, silahkan masih pada menu bevel tool, disamping pilihan rounded 2 (lihat gambar No.7) terdapat tool Contras, dan disamping contras terdapat garis dengan anak panah, silahkan geser kekanan anak panah tersebut, dan atur ketajaman warna sesuai dengan keinginan sampai menghasilkan efek warna hitam pada sisi belakang tulisan itu, makan hasilnya adalah seperti ini .


10. Lihat gambar pada No.9, disana sudah nampak jelas efek batang, langkah selanjutnya adalah mempercantik dengan meberikan campuran efek background sehingga gambar akan terlihar mengangkat dan kelaur, langkahnya adalah silahkan aktifkan gambar, klik menu Shadow Tool, lihat gambr dibawah ini



11. klik menu sperti pada gambar, selanjutnya pilih menu efek kebawah seperti pada gambar, dan silahkan atur ketajaman efek background sama halnya dengan langkah pada No.9, yaitu dengan mengatur anak panah sesuai dengan keinginan. maka hasilnya akan menjadi seperti ini.



12. Lihat perbedaan hasil gambar pada nomor.9 dan nomor.11, sedikit ada perbedaan tapi pada nomor.9 tampak lebih cantik dan tulisan itu tampak menjorok keluar. dan itulah akhir dari pembuatan efek batang.

13. Langkah selanjutny adalah, mengeksport gambar tersebut untuk dijadikan file gambar, caranya mudah, silahkan klik gambar yang akan dieksport, dan pilih file pada tasbar, pilih Export.... Atau dengan menekan keuboard Ctrl+Shift+E, makan akan keluar pop up windows yang memrintahkan memberikan nama file dan letak penyimpanan hasil pengeksporan gambar, lihat gembar dibawah ini.




12. Setelah menentukan nama file dan lokasi penyimpanan file, jangan lupa lihat ekstensi file tipenya, apakah akan diformat dalam bentuk .JPG, .PNG, .TIF atau yang lainya. kemudian klik tombol Export, makan akan keluar po up windows seperti gambar dibawah ini.



pada bagian ini, terdapat pallate option, bitmap size dan lain sebagainya, jika tidak dirubah makan ini adalah pengaturan default sistem dengan resolusi 96px, sebaiknya kita lakukan pengaturan default, dan klik tombol Export, maka selesailah kerjaan kita

13. Silahkan buka file yang sudah dieksport tadi pada lokasi penyimpanan folder sesuai yang telah sobat simpan.

demikian Galau bermanfaat kali ini, semoga bermanfaat, dan Salah Hangat.

Tidak lupa pula saya titip salam kepada seseorang bernama Fari Hanum yang jauh di tanah serambi mekkah sana, semoga tetap baik-baik disana.
Pesan: =========================================================== Hanya itu yang dapat kami tulis untuk potingan artikel ini, bila pengujung semua menyukai ini silahkan tinggalkan komentar anda.... Salam Hangat By Iwan Kurniawan ===========================================================


0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply