Senin, 08 April 2013

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya


Laptop sering mati...?
Kali ini saya akan membahas tentang penyebab laptop mati sering sendiri dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, saat saya sedang asik main game tiba - tiba terdengar fan laptop saya berputar dengan cepat dan beberapa saat kemudian langsung mati sendiri. Penyebabnya bisa karena software ataupun hardware, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya :
  • Laptop Terkena Virus 
 

Bila laptop anda sedang dalam kondisi normal, lalu anda connect ke internet atau anda memasukan flashdisk orang lain ke laptop anda dan laptop anda tiba - tiba sering mati sendiri kemungkinan laptop anda terkena virus dan virus tersebut membuat kerusakan pada sistem sistem operasi. Cara mengatasinya dengan Menginstall Antivirus, tetapi janganlah sembarangan menginstall antivirus, installah antivirus yang telah teruji keamanannya, silahkan baca Artikel berikut : 10 Anti Virus Terbaik di Dunia
  • Sistem Operasi Bermasalah
 
 Sistem operasi yang bermasalah biasanya ada file system atau program yang crash sehingga mengakibatkan sistem komputer tidak stabil lalu mati dengan sendirinya atau sering blue screen. Cara mengatasinya coba perbaiki dengan CD / DVD sistem operasi yang anda pakai, misalnya Windows 7, masukan DVD Windows 7 nya lalu boot dari DVD Windows tersebut, lalu jalankan Start Up Repair. Saya tidak akan membahas terlalu dalam tentang bagaimana cara merepairnya, untuk lebih jelasnya anda dapat mencari referensi nya di google. Bila cara repair tidak berhasil berarti cara mengatasinya adalalah dengan menginstall ulang sistem operasinya. Pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan hardware laptop anda.

  •   RAM Bermasalah
 
 











 RAM merupakan bagian dari laptop yang bisa dibilang penting dalam laptop karena berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat kita menjalankan program, bisa jadi penyebab laptop anda sering mati sendiri terletak pada RAM. Cara mengatasinya buka casing laptop anda lalu buka RAM nya, tapi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptop anda dan buka RAM nya lalu bersihkan tembaga RAM dengan penghapus pensil setelah itu pasang kembali RAM dan pasang kembali casing laptop anda.

  • FAN Processor dan Saluran Pembuangan Udara Kotor
 
anganlah mengganggap sepele masalah ini, mungkin kotoran atau debu yang sedikit tidak akan mempengaruhi kinerja laptop anda tetapi bila kotoran atau debu telah menumpuk dapat berakibat fatal seperti overheat atau suhu yang terlalu panas. Cara mengatasinya buka casing laptop anda, tapi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptop anda lalu bersihkan dengan kuas motherboard, fan processor, saluran pembuangan udara, bersihkan sampai ke celah terkecil, setelah selesai pasang kembali casing laptop anda.

  • Thermal Paste atau Pasta Processor Kering

  Biasanya masalah ini terjadi pada laptop yang telah tua atau telah berumur lama, lama kelamaan pasta processor akan semakin habis apalagi pada processor AMD yang suhunya panas. Cara mengatasinya buka casing laptop anda, tapi saya ingatkan sekali lagi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptop, buka fan processor anda lalu oleskan thermal paste diatas permukaan processor secukupnya lalu pasang kembali fan processor anda lau pasang kembali casing laptop anda. Thermal Paste bisa anda beli di toko komputer terdekat di daerah anda, dan untuk alternatifnya bila anda tidak menemukan thermal paste anda dapat menggunakan pasta gigi, tapi pasta gigi yang digunakan haruslah ada mint nya.


  • Motherboard Rusak

Masalah ini bisa dibilang sangat sulit untuk diperbaiki, bila laptop anda masih dalam status garansi maka pergilah ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam masa garansi maka saya sarankan kepada anda untuk membeli laptop yang baru, karena harga motherboard laptop itu cukup mahal harganya.




 Sekian informasi dari saya semoga atikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda :)

 

Poss-kan koment


Jangan Hanya Menikmati dan Copy Paste Ilmunya Saja, Silahkan Komentar dan Sertakan Link Ini


0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply